Activities

Tuesday, January 12, 2010

MANAJEMEN PUBLIC RELATION PR HAPPY PUPPY DALAM PROGRAM SPONSORSHIP




MANAJEMEN PUBLIC RELATION

PR HAPPY PUPPY DALAM PROGRAM SPONSORSHIP

Nama:Erny Mardhani

Nim:07331012



Kebanyakan perusahaan atau organisasi menggunakan atau mengakui peranan public relation dalam pengambilan keputusan manajemen.Acapkali manajer PR selalu melaporkan atau berhubungan langsung dengan top manajemen.Pada dasarnya setiap organisasi maupun perusahaan menganggap atau menganut falsafah dasar share holder oriented akan menganggap kehadiran fungsi PR dalam menejemen sebagai hal yang mutlak..PR secara mendasar menjadi tanggung jawab dari top manajemen (pimpinan puncak).Fungsi PR dapat diharapkan sebagai mata,telinga dan tangan kanan pimpinan puncak perusahaan.
Renald Khasali dalam bukunya Manajemen Publik Relation mengatakan bahwa manajemen dan PR adalah dua bidang ilmu yang berkembang secara terpisah.Akan tetapi pada akhir abad 20an manajemen akhirnya berhasil meningkatkan perananya pada hampir setiap bidang kehidupan.Manajemen telah menyatu dengan PR artinya manajemen telah memberi kontribusi yang sangat besar bagi penerapan konsepsi PR dalam kehidupan manusia.
PR pun jugamempunyai rencana-rencana strategi baik jangka pendek maupun jangka panjang.Manajemen sama artinya dengan strategi yang akan mengambil tindakan dalam kurun waktu ke depan.Jangka panjang strtegi dapat dilakukan melalui langkah-langkah diantaranya:
-Menyampaiakan fakta dan opini yakni dengan mengumpulkan fakta dan data secara akurat.
-Melakukan analisis SWOT
Dalam bentuknya yang paling maju PR adalah proses perubahan dan pemecahan masalah di organisasi yang dilakukan secara alamiah ,Praktisi PR jenis ini menggunakan teori dan bukti terbaik untuk memecahkan maslah ataupun persoalan.Beberapa langkah yang dilakukan diantaranya adalah mendefinisikan problem atau peluang.Fungsi ini menyediakan dasar untuk semua langkah dalam proses pemecahan masalah.langkah kedua yang dilakukan adalah perencanaan atau pemograman.Informasi yang telah dikumpulkan untuk membuat keputusan bersama tentang program publik,strategi tujuan ,tindakan dan komunikasi taktik dan sasaran.Langkah ketiga ditempuh dengan menentukan mengambil tindakan dan berkomunikasi yakni mengimplementasikan program aksi dan komunikasi yang di desain untuk mencapai tujuan yang spesifikdari masing-masing publik untuk mencapai tujuan program.Langkah terakhir adalah mengevaluasi program yakni dengan melakukan persiapan,implementasi,hasil daari program.

PROFIL LEMBAGA

HAPPY PUPPY (LABA)
Sila Calista Jl Arteri Utara No.33, Yogyakarta - Indonesia

Happy Puppy adalah Karaoke Keluarga yang pertama didirikan di Indonesia pada tahun 1992. Untuk itu Happy Puppy dan Pendirinya, Santoso Setyadji, mendapat Sertifikat Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pelopor Karaoke Keluarga di Indonesia. Merek usaha Happy Puppy sangat dikenal konsumen Indonesia dalam usaha Karaoke keluarga.
Pengalaman membangun dan mengoperasikan Karaoke Keluarga sejak tahun 1992 merupakan hal yang penting ketika anda memutuskan untuk berinvestasi di bidang Karaoke Keluarga. Pengalaman ini akan membuat investasi anda tidak dilakukan dengan cara trial and error mulai dari saat membangun outlet sampai dengan pengoperasiannya. Singkatnya investasi dapat dilakukan secara efisien dan efektif

Demikian pula, menjalankan sebuah usaha secara sendiri dan cara waralaba adalah 2 hal yang sangat berbeda. Happy Puppy Karaoke Keluarga telah berpengalaman dalam menjalankan usaha Karaoke Keluarga dengan sistim waralaba (franchise) sejak tahun 2000. Saat ini, sudah 20 outlet dioperasikan dengan cara waralaba.

Happy Puppy merupakan lembaga laba yang bergerak dalam bidang waralaba(hampI setiap daerah ada cabangnya) contohnya Jakarta,Surabaya,yogyakarta,solo,Bali,balikapapan dan sebagainya.Usaha ini menawarkan kepada pelanggannya atau konsumennya yakni tempat karaokean.Dimana setiap happy puppy di masing-masing daerah mempunya target audien atau konsumen yang berbeda-beda.Di Yogyakarta misalnya target utama dari pengelolaan happy puppy adalah kelurga,Akan tetapi dengan banyaknya pelajar atu mahasiswa yang mendatangi happy puppy maka target keluarga yang dicanangkan huppy puppy dapat dikatakan belum optimal.Prosentase konsumen happy puppy adalah kaalangan anak muda yang mengunjunginya sebagai tempat untuk nongkrong yang mengasikkan dengan karaokean bersama-sama.Sedangkan untuk target kelurga hanya pada saat-saat tertentu dimana biasanya ssat liburan tiba.
Masing Masing pengoperasionalan Happy Puppy setiap daerah tidaklah sama.Pemiliknya setiap daerahpun tidak sama hanya menggunakan nama yang telah dipatenkan s.Pemilik atau owner dari berbagai kota dapat mengatur ruangan serta settinan tempat sesuai dengan pemikiran yang telah disepakati bersama-sama.Misalnya perbedaan-perbedaan yang kentara adalah standarisasi room atau standart ruangan yang berbeda baik jumlah ruangan ,tatanan ruangan ,serta perlengkapan-perlengkapan yang menunjang dalam standarisasi ruangan tersebut.Standarisasi yang berbeda adalah standart sound dimana standart ini menggunakan berbagai macam dan jenis soond system dan kebebasa kebebasan yang lainnya.Program komputerisasi tiap masing-masing happy puppy menggunakan standart yang di buat oleh pemilik ataupun owner di tiap daerah dengan persetujuan dari owner pusat.
Pada masing-masing daerah jabatan PR tidak semuanya mempunyai.Biasanya bagian marketing merangkap pula menjadi public relation yakni merangkap sebagai corong perusahaan.Pekerjaan yang dilakukan adalah bagian pemasaran,event(baik membuat EO ataupun sebagai sponsor pendukung),serta mengikuti berbagai acara kegaitan yang berhubungan dengan perusahaan.PR juga melakukan media promosi untuk mengembangkan atau memperkenalkan HAppy Puppy dikalangan masyarakat secara umum.PR juga merangkap menangani masalah laporan keuangan yang tiap 6 bulan sekali dilaporkan kepada pimpinan pusat atau manajer puncak.Jadi dalam hal ini PR merangkap sebagai marketing,accounting dan kegitan –kegiatan yang berhubungan dengan PR.

ANALISIS SWOT
Melakukan analisis SWOT sangat diperlukan,walaupun tidak perlu menganalisis hal-hal yang berada diluar jangkauan ,seorang praktisi PR perlu melakukan analisis yang berbobot mengenai persepsi dari luar dan dalam perusahaan.Setiap lembaga yang bergerak di bidang laba pastilah mempunyai keunggulan,kelemahan,peluang,ancaman dari para pesaing-pesaingnya.Apalagi Happy Puppy merupakan salah satu tempat karaokean yang banyak menjamur di jogja sehingga perlu dianalisis untuk mengetauhi seberapa besar hasil yang dapat di capai .

STRENGHT
Merupakan kekuatan ataupun keunggulan dari lembaga ini.Happy puppy merupakan tempat karaokean kelurga yang banyak diminati masyarakat jogja baik muda maupun tua.Tempatnya bagus dibandingkan tempat karaokean lain,mengutamakan pelayanan atau servise untuk memuaskan pelanggan,Banyak program-programnya yang dijalankan untuk memuaskan konsumen yakni pelayanan semua hal makan,minum dan pelayanan ruangan.Waralaba yang sudah mempunyai nama,terjaga kredibilitasnya,mempunyai image yang baik di klangan pelanggan.,Standarisasi yang bagus yakni ruangan dan tipenya.
WEAKNESS
Target pelanggan yakni keluarga belum optimal,Kekurangan dalam bidang komplain karena personilnya terbatas,terkadang kurang tanggap dengan komplain pelanggan
OPPORTUNITY
Peluang-peluang yang kemungkinan ada dalam Happy Puppy adalah dengan sistem yang berstruktur dan terkoordinasi dengan baik maka akan mempermudah mengembangkan usaha,banyak diminati masyarakat.Dengan tempatnya yang lumayan strategis dapat dengan mudah diakses pelanggan dari manapun.menjadi tempat karaokean yang punya nama besar,disiplin waktu dan menjadi no 1 di Yogyakarta karana kecekatannya dalam menangani pelanggan,Budaya karaoke sedang in di kalangan anak muda,
THREATH
Banyak ancaman-ancaman dari luar yakni banyak tempat usaha yang relatif sama,dengan konsep sama dan saingan harga .Anggapan bahwa karaokean bukan budaya islam.Karaoke dipandang negatif oleh sebagian orang karena berhubungan dengan kegiatan prostitusi yang memanfaatkan wanita susila sebagai teman menyanyi(budaya korea dan jepang),
DESKRIPSI KEGIATAN PUBLIC RELATION
HASIL WAWANCARA DENGAN PR HAPPY PUPPY :BRIGITA SH.
Program-Program PR Happy puppy adalah
• Happy Hour 50% tiap hari
• Sponsporship
• Media promosi
• Program Member
• Poin Rewards
• Penanganan komplain

Dalam melakukan kegiatan public relation biasanya PR happy Puppy selalu melakukan analisa yang menekankan adanya struktur 5w dan 1H dimana keenam struktur ini mewakili kegiatan perencaan sampai hasil yang di dapat dari program yang dilakukan Public Relation.Pada kegiatan yang dilakukan yakni kegiatan PR sponsorship
Happy Puppy selalu ingin mengembangkan dan memperkenalkan namanya melalui kegiatan-kegiatan yang menguntungkan bagi perusahaan mereka.Hal yang dilakukan yakni menjadi sponshorship dalam berbagai kegiatan Beberapa langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan jenis event apa yang telah dibuat.Disini beberapa program yang dilakukan PR happy Puppy adalah menjadi sponsor pendukung dalam acara di stasiun TV yaitu ON TV(TVRI).Disini peranan happy puppy yakni memberikan kontribusinya yakni menyajikan hadiah dari pemirsa yang memenagkan lomba karaoke dalam acara tersebut.Sumbangan hadiah yang diberikan happy puppy bukan merupakan hadiah uang melainkan hadiah berupa voucher.Disini voucher yang diberikan sebagai hadiah dapat dinikmati pemenang dengan karaoke gratis di happy puppy sesuai dengan waktu dalam hadiah tersebut.Event lainnya yang hamper sama yakni program PR happy Puppy yang menjadi sponsor pendukung acara program di Jogja TV yakni LIVE MUSIC.Jadi dalam hal ini terlihat jelas bahwa program yang dijalankan untuk memperkenalkan happy puppy pada masyarakat luas .Dan acara ini sudah taken kontrak sesuai yang telah ditentukan.Target dari acara ini sendiri adalah pemirsa Yogya pada umumnya karena tinggal di wilayah Yogya sehingga dapat dengan mudah memanfaatkan hadiah tersebut dipakai secara langsung.Acara ini mewajibkan pesertanya untuk dapat bisa bernyanyi atau karaoke secara benar pada saat acara tv berlangsung.Bagi siapa memenuhi criteria yang bagus maka pastilah peserta tersebut dapat membawa voucher yang telah disediakan happy puppy.
2. Publication dan publicity ,langkah ini dilakukan happy puppy untuk memperkenalkan perusahaannya kepada public yakni memasang baliho di tempat-tempat yang strategis contohnya di dekat air mancur adipura Yogyakarta sesuai dengan waktu dan kontrak dengan dinas prasarana setempat.Serta tidak lupa pula PR happy Puppy membuat tulisan yang berupa iklan-iklan dalam media massa atau tulisan-tulisan sebagai pendukung dalam sebuah event.
3. Community involvement ,Public Relation Happy Puppy selalu membuat program baik event sendiri maupun sponsor event EO lain(sponsor pendukung).Event-event yang dilakukan biasanya melibatkan Play Group atau anak-anak tk yang menjadi targetnya.Contohnya dalan kegiatan memperingati hari ibu ,hari kartini dan sebagainya.Happy Puppy selalu melibatkan target sasaran konsumennya.Selain itu juga menangani Program member (yakni termasuk kategori PR ke dalam).Dimana happy Puppy menerapkan kartu anggota bagi pelanggan setia happy puppy.Member ini diberi keuntungan dengan istilah point rewards .Dimana pada saat yang telah ditentukan member setianya akan mendapat undian atas poin-poin yang telah banyak terkumpulkan dengan rajinnya untuk berkaraokean disana.
4. Social Investment,happy puppy membuat program-program yang bermanfaat bagi kepentingan dan kesejahteraan sosial.Sebagai contoh PR happy puppy bersama asosiasi PR se Sleman yang mengatasnamakan dengan KAPUREL mengadakan bakti sosial dengan membagi-bagikan bantuan baik materiil maupun lainnya kepada panti asuhan dekat prambanan.Dan acara ini rutin tidak hany menjelang puasa akan tetapi dilakukan secara periodic.


TAHAPAN TAHAPAN PR STANDART YANG DILAKUKAN PR HAPPY PUPPY UNTUK MENCAPAI PROGRAM YANG DIHARAPKAN
BIDANG SPONSHORSHIP BERBAGAI EVENT

1. FACT FINDING ATAU RESEARCH
Mencari dan mengumpulkan fakta atau data sebelum melakukan tindakan.Dalam hal ini dalam program public Relationnya Happy puppy telah menentukan sasaran target audiencenya .Yakni target sasarannya adalah keluarga(anak kecil dan mengetauhi target yang ditentukan.Sehingga dalam memilih event baik membuat event sendiri maupun event sponsorship jelas siapa yang menjadi targetnya.Dan tugas PR juga harus mengetauhi latar belakang kehidupan target seperti apa sehingga sasarannya jelas.
2. PLANNING ATAU PERENCANAAN
Dalam proses inididasarkan fakta dalam membuat rencana dan bagaimana jika di tengah jalan menghadapi suatu hal dan apa yang harus dilakukan.Perencanaan yang dilakukan PR Happy Puppy menganalisa target publiknya,alternatf kegiatan.rencana kegiatan sampai tujuan kegiatan secara objektif.Dan PR Happy Ppuppy melakukan hal-hal dalam kegiatan sponsorshipnya yakni membuat daftar list rencana dan memutuskan event-event apa yang sesuai dengan happy puppy.Memilih secara tepat dari event-event yang punya tujuan dan bermanfaat yang dapat membawa image happy puppy.Setelah menetukan event selanjutnya menentukan strategi untuk memperkenalkan programnya yakni dengan selalu mengirim sms member untu ikut berpartisipasi dalam setiap event yang diselenggarakan happy puppy.Serta membuat altrnatif lainnya yakni dengan membuat event sendiri dengan bantuan media untuk mempublikasikannya. Acara dapat berupa kecil-kecilan.Jadi dalam hal ini rencana yang dilakukan jelas bagaimana jika menghadapi public target maupun klien dari happy puppy sendiri.Jadi darisinilah dapat diukur keputusan-keputusan terhadap rencana yang telah disiapkan dalam hal sponsorship.Happy puppy memberikan kontribusi sponsor berupa pemberian cash money dan berupa souvenir yang berupa voucher gratis karaoke,makan dan minum,mug ,dan sebagainya.


3. ACTION AND COMMUNICATION
Dalam kegiatan PR nay happy Puppy selalu mengupayakan kepuasan untuk pelanggan.Dalam hal ini Mereka senatiasa akan memberikan pelayanan-pelayanan yang tidak diberikan tempat karaokean lainnya.Dalam hal sponsorship mereka juga beraksi dengan membagi-bagikan serta ikut serta dalam berbagai event.Baik mereka mempublikasikan melalui media iklan Koran atau media cetaka taupun radio.Komunikasi yang dilakukan diharapkan dapat menimbulkan feed back yakni timbale balik ,dimana happy puppy mendapat keutungan image yang baik di masyarakat.Dalam kegiatan PR alinnya Happy Puppy selalu menempatkan komplain dari pelanggan sebagai suatu cambukan untuk terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik.Contohnya komplain masalah pelayanan waiting list,pelayanan terhambatnya makan dan minum yang kurang memuaskan pelanggan,memberikan perhatian lebih kepada konsumen serta program-proram lainnya baik itu komplain secara sengaja maupun tidak disengaja.Hal pertama yang ditmpuh adalah dengan respon yang terbuka dan sikap cepat tanggaplah yang dilakukan untuk meredam komplain.Pada tahap ini PR langsung turun tangan untuk menagani secara langsung.Kebijakan-kebijakan yang dibuatnya juga harus jelas dan terarah.Dengan program pada karyawan untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dan selalu bersikap ramah pada pelanggan.Dalam kegiatan aksi ini PR Happy Puppy juga melakukan kampanye sosial melaliu event-event yang dibuatnya,event patungan serta kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilakukan.Selain itu juga dalam mengadakan kegiatan Happy puppy selalu menggunakan media untuk publikasi baik vaudio maupun visual serta pemberitaan di media baik pembuatan press release maupun kegiatannya yang diliput media.
4. EVALUASI
Publik Relation Happy Puppy sangat menekankan tindakan evaluasi untu menilai pekerjaan yang dilakukan.Dengan begiti dapat mengetauhi kekurangan atau kelebihan program pr yang telah dilaksanakn.Dalam tahapan ini evaluasi berarti penentuan atau penilaian apakah tujuan dari program yang telah dijalankan sudah tercapai atau belum.Evaluasi itu sendiri dapat dilakukan secara kontinyu dan berkala.Dalam proses Evaluasi ini PR happy Puppy selalu mengadakan evaluasi selama 6 bulan sekali.Dimana dalam proses ini menilai tentang program-programnya yang berupa event apakah sudah terlaksana apa belum dan berupaya untuk meningkatkan program eventnya dan membuat lebih baik lagi dari sebelumnya.Tahapan-tahapan evaluasi yang dilakukan happy puppy diantaranya adalah juga membuat list kegiatan untuk jangka panjang 6 bulan kedepan.Dimana program yang akan direncanakan ini dapat dijalankan secara lancar dan dapat meminimalisir kekurangan yang terjadi.Evaluas ini dilakukan dengan menajemen puncak atau atsasnanya masing-masing.PR bertanggungjawab memberikan laporan kegiatan kepada pimpinan yakni laporan kegiatan event-event yang berlangsung sebelumnya.PR happy Puppy juga sering mengadakan sharing informasi dengan PR-PR dari latar belakang yang berbeda untuk menambag kegiatan-atau program yang akan direncanakan sehingga banyak memunculkan ide-ide baru nantinya.Sharing informasi ini merupakan upaya yang posit untuk mengetauhi kelebihan maupun kekurangan program yang telah dibuat sebelumnya.Evaluasi juga mempunyai tujuan pengendalian-pengendalian yang diperlukan untuk mengekang program-program yang tidak perlu dilakukan seumpamanya.


OUTPUT DAN OUTCOME
Dalam melaksanakan kegiatan Public Relation pastilah sebuah lembaga dapat mengambil manfaat atas program-program yang telah di rencanakan masing-masing PR nya.Dalam hal ini manfaat yang didapatkan usaha karaoke Happy Puppy yakni banyak di kenal dilingkungan masyarakat secara luas .Tidak hanya di wilayah Yogyakarta saja,jika seandainya dari masing-masing daerah juga menerapkan program satndart PR.Hasil yang dicapai PR dalam perolehan hasil kegiatan PR diantarnya :
• Mendapkan image yang baik oleh masyarakat.Tempat karaoke ini merupakan tempat yang baik sebagai acara untuk keluarga berkumpul sekedar bernyanyi bersama.Tidak hanya kalangan keluarga bahkan kalangan pemuda-pemudi yang gemar dengan berkaraoke bersama.Image yang di dapatkan happy puppy juga didorong oleh konsistensinya untuk tudak menerima pelanggan yang membawa minuman keras masuk dalam happy puppy.Dengan adanya konsistensi menambah image yang berkembang tidak semua tempat karaoke dinilai secara negative.
• Keuntungan maksimal
Keuntungan semakin dikenalnya sebagai pusat karaoke yang mengedepankan kepuasan pelanggan ataupun konsumen maka happy puppy juga memperoleh keuntungan dari segu matreiil yakni dengan banyaknya pelanggan yang datang ke happy puppy untuk menikamati happy hour.
• Pelayanan prima
Pelayanan prima yang dimaksud Happy puppy selalu memberikan kontribusi kepada pelanggannya dengan mengedepankan pelayanan yang cepat tanggap.Dimana kepuasan pelanggan adalah merupakan kebanggan happy puppy.Service dalam segala hal yakni pelayanan admistrasi,pelayanan makan dan minum,pelayanan komplain dan lain sebagainya.
Jadi dalam hal ini output merupakan hasil yang didapat langsung dan jangka pendek.
Sedangkan Outcome didapatkan berdasarkan :
-Banyaknya event yang disponsori
-Banyaknya kegiatan PR yang diliput media
-Minat pelanggan atau masyarakat untuk karaoke di happy puppy
-Banyaknya saran yang diterima oleh pelanggan untuk happy puppy
-Banyaknya permintaan untuk menyemponsori berbagai acara

Jadi outcome yang di dapatkan happy puppy adalah dampak ,tidak langsung dan dalam jangka waktunya,,

DAFTAR PUSTAKA
1. Soemirat, Sholeh.2005.Dasar-Dasar Public Relation.Bandung:Remaja Rosdakarya.
2. Kriyantono,Rachmat.2008.PR Writing:Media PR Membangun Citra Korporat.Jakarta:Kencana.
3. Cutlip M,Scott.2006.Effektif Public Relation.Jakarta:Kencana


No comments:

Post a Comment